SautBox

Kalender Bali

Album KMHB

Journey to Salak Mountain


Rabu, 17 November 2010, bertepatan dengan hari raya saudara kita, Idul Adha, bertepatan juga dengan Budha Cemeng Warigadian, rombongan Pemuda Pemudi Hindu Se-Jakarta menempuh perjalanan ke barat “yang pasti bukan untuk mencari kitab suci” :)

Yah, pada hari itu Panitia Dharma Santhi 2010 mengadakan acara pembubaran panitia dengan melakukan Tirtha Yatra ke Pura Curug Luhur dan Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Gunung Salak, Bogor. Para pesertapun sudah mulai bersiap” dari pagi hari, langsung berkumpul menuju Pura Aditya Jaya Rawamangun.

Sesampainya di Rawamangun dilakukan persembahyangan bersama memohon agar kegiatan Tirtha Yatra berjalan dengan lancar.

Perjalanan menuju Bogor yang mengalami kemacetan, selain itu medan jalan menuju pura Curug Luhur yang kecil dan berliku-liku membuat pak Supir Bus kewalahan. Hmm, setelah sekian lama, akhirnya sekitar pkl 12.30 sampai juga di Pura Curug Luhur. Kedatangan kamipun disambut oleh hujan.

Sempat bingung juga karena tidak nampak bangunan pura oleh kami. Yang ada hanyalah wisata air mirip waterboom. Dimana Puranya ???

Ternyata pura itu berada di belakang “waterboom abal-abal ini”. Sumber mata air, Pelinggih dan Arca. Saya pribadi miris melihat tempat suci kita “tersembunyikan” oleh tempat wisata air ini. Paling tidak kalau tempat wisata ini tidak dibangun di sana, pelinggih ini pasti menjadi tempat yang asri dan sunyi.

Karena jumlah peserta yang cukup banyak akhirnya persembahyangan di pura Curug Luhur dilakukan bergelombang.

Kemudian perjalan dilanjutkan menuju pura Gunung Salak. Diawali dengan persembahyangan di Pura Melanting dan Pura Pasar Agung, baru kemudian dilanjutkan ke Pura Parahyangan Agung Jagatkartta.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan LPJ Dharma Santhi 2010 oleh Alit di Wantilan Pura Gunung Salak. Dalam forum ini juga telah ditentukan bahwa kegiatan Dharma Santhi gabungan ini akan rutin diadakan tiap tahun dengan panitia inti yang digilir. Pada tahun 2009 yang diketuai oleh Bli Goseng dari STAN, kemudian tahun 2010 yang diketuai oleh Bli Alit dari UNJ. Untuk ketua panitia  tahun 2011 sendiri akan dibahas lebih lanjut dalam waktu dekat

Komentar:

3 Responses to “Journey to Salak Mountain”

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco